5 Cara Memperbaiki Beberapa Macam Tembok Retak Menurut Penyebabnya

Memiliki bangunan contohnya saja sebuah rumah yang dibangun dari awal ataupun anda membeli sebuah rumah biasanya ada beberapa duduk masalah yang harus diperbaiki. Mulai dari duduk masalah pasokan air, tembok bangunan dan atap. Nah bicara duduk masalah tembok biasanya ada duduk masalah klasik yang biasa muncul yaitu maslah tembok retak. Retakan pada tembok ini ada beberapa jenis dilihat dari penyebabnya. Mulai dari retak rambut dan lain-lain. Di bawah ini ada 5 cara memperbaiki beberapa macam tembok retak menurut penyebabnya. Tentunya anda ingin mempunyai tembok rumah yang bagus dan berpengaruh bukan?

Memiliki bangunan contohnya saja sebuah rumah yang dibangun dari awal ataupun anda membeli  5 Cara Memperbaiki Beberapa Macam Tembok Retak Berdasarkan Penyebabnya

Cara mengatasi tembok retak wajib Anda ketahui demi kenyamanan rumah dan penghuninya. Tembok retak kalau dibiarkan terlalu usang dapat menyebabkan air hujan merembes ke dalam pori-pori dinding. Akibatnya ruangan dalam rumah menjadi lembab. Selanjutnya Anda niscaya butuh mengatasi ruangan lembab dengan Penyerap Lembab Ruangan Alami dan Siap Pakai.

Masalah tembok retak dekat hubungannya dengan pelaburan plesteran dan acian pada ketika membangun rumah. Plesteran merupakan epilog kerikil bata atau batako, yang terbuat dari adonan semen, pasir dan air. Hasil laburan plesteran masih terlihat agresif namun cukup rapi dan berpengaruh menutup dinding kerikil bata. Sedangkan Acian ialah laburan dinding yang terdiri dari adonan semen dan air saja. Hasil laburan acian ke dinding terlihat sangat halus dan siap dipercantik dengan cat. Plesteran dinding dikerjakan sehabis proses pemasangan instalasi listrik, pipa dan plumbing di seluruh rumah. untuk mendapat kualitas plesteran dan acian yang berpengaruh dan tahan lama, maka pelaburan acian dilakukan sehabis plesteran dinding kering 2-3 hari. (baca: Cat Tembok Anti Lembab dan Jamur)

Pada banyak masalah dinding rumah retak-retak, penyebab utamanya ialah plesteran dinding rumah yang belum kering benar sudah eksklusif dilabur aci. Akibatnya kadar air dalam plesteran masih jenuh tertutup oleh semen yang bersifat kedap air. Jadilah dinding gampang retak bahkan acian lepas. Ada banyak hal lagi yang menyebabkan dinding retak. Berikut kami rangkumkan cara mengatasi dinding rumah yang retak untuk Anda.

1. Tembok Retak Pada Bata
Dinding retak pada bata terjadi lantaran adanya gempa bumi yang menyebabkan pondasi rumah goyang. Retakan semacam ini menyebabkan bata pecah dan menyebabkan keretakan pada plesteran dan acian. Retakan yang terjadi biasanya tegak lurus panjang atau menyamping. Celah retakan akan semakin lebar kalau bangunan kembali bergerak.

Cara mengatasi tembok retak yang disebabkan oleh struktur bata dan pergerakan pondasi ialah sebagai berikut.
  • Buat celah kecil antara dinding dengan balok atas untuk mengurangi tekanan. Selanjutnya isi celah tersebut dengan karet atau styrofoam. Untuk menyamarkan celah sumpalan tersebut, dapat Anda tutup dengan lis kayu atau gypsum.
  • Kemudian buka retakan pada dinding selebar satu sentimeter hingga ke bata. Buat adukan semen pasir dengan perbandingan 1:5 untuk menutup retakan pada dinding hingga penuh dan rapi. Biarkan kering hingga kurang lebih tiga hari.
  • Setelah kering, rapikan celah yang sudah terisi plester dengan acian putih. Setelah acian kering, labur tembok dengan plamir dan siap Anda cat kembali. (baca: Cara Mengecat Dinding Rumah)
Apabila terjadi pergerakan pada pondasi lantaran gempa dan terjadi keretakan namun hanya belahan plesteran dan acian saja. Anda tetap perlu memeriksanya. Apakah keretakan hingga menciptakan bata pecah. Apabila keretakan hanya terjadi pada Acian, hal ini menunjukan struktur bangunan Anda cukup kuat. Cara memperbaiki keretakan ini sama dengan cara sebelumnya. Membuka retakan selepar satu sentimeter hingga ke bata dan menambalnya dengan adukan semen pasir dengan perbandingan 1:5.

2. Tembok Retak Pada Saluran Pipa
Tembok yang retak pada kanal pipa listrik atau pipa air disebabkan celah pemasangan pipa tidak dipotong hingga bata. Celah hanya dibentuk hingga pada bata saja atau pipa hanya diletakkan di atas bata kemudian diplester kembali. Tipe retakan ini menyebabkan celah retakan sepanjang garis pipa. Bagi Anda yang memakai wallpaper dinding, lepas terlebih dahulu tembok biar tidak menyulitkan perbaikan. (baca: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding)

Cara mengatasi tembok retak pada garis pipa ialah sebagai berikut:
  • Buka kembali plester pada kanal pipa kurang lebih selebar lima sentimeter. Bungkuslah pipa dengan kawat ayam. Kemusian isi celah dengan adukan semen dan pasir dengan perbandingan 1:5.
  • Biarkan tambalan plesteran kering kurang lebih tiga hari. Setelah kering, rapikan plesteran dengan acian putih.
Cara ini akan menciptakan retakan kanal pipa tidak kembali lagi. Hiasan dinding ruangan kondusif Anda dipasang kembali.

3. Tembok Retak lantaran Beda Bahan
Tembok retak lantaran berbeda materi disebabkan lantaran plesteran menutup sambungan tembok adonan kerikil bata dengan beton atau kayu. Misalkan pada sambungan pintu, kusen, atau ventilasi. Hal ini menyebabkan plesteran dan acian gampang retak lantaran pergerakan pemuaian dan penyusutan materi yang berbeda sifat. Tipe retakan semacam ini berbentuk lurus sepanjang sambungan dan gampang timbul kembali meskipun sudah diperbaiki. Pamasangan AC, exhaust fan dinding yang kurang pas juga dapat menyebabkan hal ini. (baca: Pendingin Ruangan Pengganti AC Alternatif)

Cara mengatasi retakan model ini ialah dengan cara menciptakan dilatasi diantara kedua permukaan. Caranya ialah sebagai berikut:
  • Potong kembali plester sepanjang retakan kurang lebih satu sentimeter sepanjang retakan.
  • Buat dilatasi yang terdiri dari adonan plester dan polimer 4 persen. Isikan adonan dilatasi tersebut ke dalam retakan setebal dua milimeter.
  • Setelah kering, buatlah acian putih dan rapikan permukaan dilatasi.
  • Setelah satu hari, buatlah tali air. Buat alur lurus dengan lebar tiga milimeter dan dalam tiga milimeter sepanjang garis retak sebelumnya. Setelah kering, isi talli air tersebut dengan paintable sealant biar tampilan retakan lebih rata dan rapi.
Cara tersebut cukup efektif mengatasi dinding retak lantaran sambungan permukaan tembok yang berbeda. Perbatasan dinding dan pintu ruang tamu ialah daerah yang patut Anda cek rutin biar tidak terjadi keretakan lebih lanjut.

4. Tembok Retak lantaran Penyusutan
Tembok retak lantaran penyusutan terjadi lantaran pelaburan acian terlalu cepat pada blester yang belum kering benar. Sehingga plester belum menyusut lantaran plester terlalu tebal dalam sati kali laburan. Hal kedua retakan lantaran penyusutan disebabkan kadar lumpur yang tinggi pada pasir dalam plesteran. Oleh alasannya itu acian gres kondusif dilaburkan minimal dua ahad sehabis plesteran berhenti menyusut. Bentuk retakan ini menyerupai seribu pecahan kulit telur.

Cara mengatasi tembok retak lantaran duduk masalah ini ialah dengan melaburi acian kembali. Gunakan acian putih yang dicampur dengan polimer dua persen. Setelah kering, ratakan dengan amplas halus. Selanjutnya tunggu kering kurang lebih lima hari. Baru tembok tersebut siap dicat dengan warna favorit keluarga.

5. Tembok Retak Rambut
Tembok retak dengan bentuk menyerupai helaian rambut atau akar pohon terjadi lantaran pelaburan acian yang terlalu dini sebelum plesteran berhenti menyusut atau kering benar. Hal ini juga terjadi apabila pelaburan acian dilakukan pada ketika cuaca terik dan berangin kencang. Retakan menyerupai ini disebut juga retakan seribu.

Cara mengatasi tembok retak seribu ini ialah dengan memakai base coat atau cat dasar untuk menutupi retakan ini. Apabila retakan-retakan terlihat lebih besar maka Anda perlu melaksanakan pelaburan plesteran baru.

Demikianlah kumpulan tips beberapa cara memperbaiki tembok retak menurut jenis kerusakan dan asal mula penyebabnya. Jika anda mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya maka anda niscaya dapat mengatasi bagaimana memperbaiki kembali menjadi tembok yang lebih baik dan lebih berpengaruh dari semula.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Beberapa Macam Tembok Retak Menurut Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel